Loading...

Senin, 02 Mei 2016

mekanisme katup pada mesin mobil (valve mechanisme)

Tags

Hallo brother mekanisme katup pada mesin mobil  (valve mechanisme) Untuk dapat hidup motor, harus ada pemasukan campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam silinder serta membuangnya gas hasil pembakaran dan proses ini harus dapat dilakukan dengan cepat. 

mekanisme katup pada mesin mobil. Untuk mengatur pemasukan dan pembuangan ini digunakan katup serta kelengkapan penggeraknya. Pengaturan masuknya campuran bahan bakar dan pembuangan gas hasil pembakaran dilakukan dengan cara membuka dan menutup kedalam silinder. 

Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini tentang komponen kelengkapan katup.

Adapun cara kerja mekanisme katup sebagai berikut :

Poros nok (camshaft) berputar, perputaran ini akan akan mengakibatkan nok menekan tapet (lifter valve), daya dorong tapet akan diteruskan oleh batang penekan (push rod), batang penekan akan menekan/mendorong rocker arm , pada sisi lain rocker arm akan mendorong katup (valve) sehingga katup akan turun ke bawah (pada kondisi yang sebenarnya, katup terbuka).

Cara kerja katup pada proses yang sebenarnya, yaitu ;

1. Langkah Hisap
Pada saat langkah hisap, piston bergerak turun dari Titik Mati Atas (TMA), katup hisap terbuka dan katup buang tertutup.
2. Langkah Kompresi
Pada saat langkah kompresi, piston bergerak ke atas dan kedua katup tertutup.
3. Langkah Usaha
Sama pada saat langkah kompresi, piston bergerak naik dari TMB ke TMA kedua katup tertuup.
4. Langkah Buang
Pada langkah ini, piston bergerak ke atas, katup hisap tertutup dan katup buang terbuka

Untuk lebih jelas proses kerjanya lihat gambar di bawah ini.

JENIS-JENIS MEKANISME KATUP

Mekanisme penggerak katup dikepala ada tiga jenis yaitu :
1. Jenis OHV (Over Head Valve), yaitu katup berada dikepala silinder, poros nok (camshaft) disisi.


2. Jenis OHV-SOHC yaitu katup berada dikepala silinder menggunakan poros nok (camshaft)tunggal.

3. Jenis OHV-DOHC yaitu katup dikepala dengan menggunakan poros nok (camshaft) ganda.


DIAGRAM KATUP

Secara teori tentang cara kerja motor empat langkah katup dianggap membuka dan menutup tepat pada posisi TMA dan TMB. Tetapi pada posisi yang sebenarnya tidak demikian, kedua katup membuka lebih awal dan menutup lebih lambat. Katup hisap membuka sebelum TMA dan menutup sesudah TMB, dan katup buang membuka sebelum TMB dan menutup sesudah TMA. Hal ini diperlukan untuk memberikan waktu yang cukup untuk memasukkan atau mengeluarkan muatan silinder (gas baru atau gas bekas).
Untuk melihat secara nyata bagaimana kerja mekanisme katup secara utuh adalah sulit, untuk memudahkanya dapat dibuat dalam suatu diagram. Dengan diagram dapat dijelaskan kapan katup mulai membuka dan menutup., mekanisme diatas sedemikian rupa sehingga seluruh proses berjalan dengan tepat dan cepat. Lama kerja katup (valve timing) ditentukan oleh bentuk nok (bubungan) camshaft. Bila diagram katup berubah misalnya akibat celah katup tidak sesuai), hal ini akan mempengaruhi unjuk kerja motor.
Lihat diagramkatup berikut ini :

               
Sekian info mengenai mekanisme katup pada mesin mobil  (valve mechanisme) semoga berguna ,jika berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon