Loading...

Senin, 09 April 2018

Pengaruh Ukuran dan Jenis Ban Terhadap Performa, Efisiensi, Kenyamanan, dan Handling Mobil

Tags

Hallo brother Pengaruh Ukuran dan Jenis Ban Terhadap Performa, Efisiensi, Kenyamanan, dan Handling Mobil – Jaman sekarang ini, ban mobil bukan hanya dianggap sebagai penggerak mobil, namun juga dianggap sebagai faktor penting dalam hal estetika. Banyak pengguna mobil yang mengganti ban dan velg nya dari standar untuk merubah tampilan sesuai dengan keinginan. 
Pengaruh Ukuran dan Jenis Ban Terhadap Performa, Efisiensi, Kenyamanan, dan Handling Mobil
Pengaruh Ukuran dan Jenis Ban Terhadap Performa, Efisiensi, Kenyamanan, dan Handling Mobil. Penggemar aliran alto/offroad biasanya merubah profil ban bawaan menjadi lebih tebal, sedangkan penggemar aliran street racer/drag racer biasanya merubah diameter velg menjadi lebih besar dengan ban berprofil tips. Bagaimana pengaruh mengubah ukuran ban standar? Simak ulasan berikut.
Pengaruh Ukuran Ban Mobil
Ukuran ban sudah disesuaikan oleh pabrikan berdasarkan riset yang tentunya tidak sederhana. Secara teori, tapak ban yang lebar akan meningkatkan traksi ban terhadap aspal. Positifnya, handling menjadi lebih baik dan stabil. Jarak pengereman juga dapat dipersingkat karena gejala slip ban berkurang. Namun, seiring dengan tapak ban yang semakin lebar, gaya gesek juga meningkat sehingga dapat mengurangi performa mesin yang berimbas pada borosnya konsumsi BBM.
Profil ban juga turut mempengaruhi. Profil ban yang tebal, akan meningkatkan kenyaman (bantingan menjadi lebih empuk), namun mengurangi kualitas handling. Sebaliknya, profil ban yang tipis akan meningkatkan handling, namun menyebabkan bantingan menjadi lebih keras. Keras atau tidaknya bantingan juga dipengarui oleh tekanan ban.
Selain itu, jenis ban juga berpengaruh. Jenis ban berdasarkan motif tapak dibedakan menjadi H/T (Highway Terrain), A/T, dan M/T (Mud Terrain). Ban H/T adalah yang paling nyaman, memiliki traksi yang baik terhadap aspal, dan yang paling senyap. Ban A/T memiliki motif tapak yang agak menonjol, berada ditengah-tengah H/T dan M/T. Ban A/T lebih berisik dan memiliki traksi terhadap aspal lebih rendah daripada ban H/T, namun cukup efektif di jalanan tanah keras atau jalan rusak. Sedangkan ban M/T atau biasa disebut ban tahu hanya cocok digunakan untuk kendaraan offroad dan sangat tidak direkomendasikan digunakan pada kecepatan tinggi di jalan aspal. Sebenarnya, kendaraan kota yang paling ideal adalah menggunakan ban H/T, meskipun kondisi jalanan di Indonesia tidak menentu. Selain senyap dan dapat digunakan pada kecepatan tinggi, ban H/T adalah yang paling nyaman.

Beberapa pabrikan ban juga membedakan produknya berdasarkan karkateristik ban, biasanya dibedakan menjadi ban tipe comfort, tipe eco, dan tipe performance. Tipe comfort memiliki dinding ban yang lunak, sehingga terasa nyaman dan empuk serta lebih senyap. Ban tipe eco biasanya berukuran kecil dan menggunakan dinding dan tapak ban yang relatif keras, sehingga putaran ban terasa ringan dan irit bahan bakar. Selain itu, motif ban juga tidak gampang aus, sehingga dapat digunakan pada waktu yang cenderung lebih lama. Sedangkan ban tipe performance biasanya memiliki dinding ban yang keras namun tapak bannya lunak. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan grip ban terhadap aspal dan meningkatkan kualitas handling. Namun bantingan ban performance terasa cukup keras dan motifnya cepat aus dibandingkan tipe ban yang lain.
Sekian info mengenai Pengaruh Ukuran dan Jenis Ban Terhadap Performa, Efisiensi, Kenyamanan, dan Handling Mobil semoga berguna , jika berguna monggo di share ke rekan- rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... Terima kasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon