Loading...

Rabu, 18 April 2018

Cara Mengisi Air Radiator Mobil Sendiri , Tanpa Harus ke Bengkel

Tags

Hallo brother Cara Mengisi Air Radiator Mobil Sendiri , Tanpa Harus ke Bengkel   Radiator merupakan salah satu komponen penting dari sistem pendingin mesin mobil dimana berfungsi untuk mendapatkan temperatur yang sesuai agar dapat mendukung kinerja mesin yang optimal dengan perannya sebagai pendingin suhu pada mesin.

Cara Mengisi Air Radiator Mobil Sendiri. Jangka pemakaian radiator perlu diperhatikan, umumnya setiap jarak 20.000 km Anda disarankan untuk mengganti air radiator agar tetap bersih dan tidak mampet.  Perawatan radiator perlu dilakukan secara berkala. Untuk mengetahui kondisi air radiator, apakah sudah keruh atau tidak, Anda dapat melihatnya melalui lubang di bagian atas radiator.

Cara Mengisi Air Radiator Mobil Sendiri , Tanpa Harus ke Bengkel

Cara pengisian atau penggantian air radiator yang mudah dapat Anda lakukan sendiri di rumah, hal ini tentunya mengurangi keluarnya biaya berlebih jika Anda mengisinya ke bengkel terdekat.

cara yang harus Anda lakukan untuk mengisi air radiator :
  • Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah memastikan bahwa mesin mobil sedang dalam kondisi dingin, hal ini bertujuan agar tidak mencelakai tangan ketika melakukan pengisian air radiator.
  • Langkah berikutnya ialah membuka penutup lubang radiator dan baut tempat pembuangan air radiator yang masing-masing terletak di bagian atas dan bawah radiator. Diamkan sejenak sampai air radiator telah terbuang seluruhnya. Pastikan saat melakukan proses ini mesin mobil Anda dalam keadaan menyala agar tak ada air yang tersisa atau air terbuang sepenuhnya di sistem pendingin.
  • Setelah Anda memastikan bahwa air radiator telah terbuang seluruhnya, matikanlah mesin mobil dan pasang kembali komponen baut pembuangan air radiator di bagian bawah radiator yang telah Anda buka di langkah pertama, kemudian bukalah baut pembuangan angin dan isi dengan cairan pendingin radiator (radiator coolant) sampai air radiator keluar melalui baut pembuangan angin.
  • Tahap berikutnya ialah tutup tempat pembuangan angin dan tetap biarkan penutup lubang radiator di bagian atas dalam keadaan terbuka. Kemudian agar kipas radiator berputar, nyalakanlah mesin mobil Anda, biarkan dalam keadaan hidup sampai jarum temperatur pada speedometer menunjukkan setengah.
  • Pastikan volume air pada radiator, jika merasa masih kurang, Anda dapat menambahkannya sampai batas maksimal, jika merasa volume air sudah terisi dengan pas, pasang penutup lubang radiator yang ada di bagian atas.
  • Sesudah Anda melakukan langkah di atas, periksalah air yang ada pada tangki cadangan radiator (reservoir tank). Apabila air tersebut sudah kotor, segera buang airnya dan kembali diisi dengan radiator coolant hingga batas maksimum. Setelah itu, kencangkanlah tutup radiator beserta tutup reservoir dengan rapat.

Sekian info mengenai Cara Mengisi Air Radiator Mobil Sendiri , Tanpa Harus ke Bengkel semoga berguna ,jika berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon