Loading...

Rabu, 18 April 2018

Cara Mengatasi dan Menganalisa Kerusakan Radiator Mobil

Tags

Hallo brother Cara Mengatasi dan Menganalisa Kerusakan Radiator Mobil   Memiliki fungsi yang begitu vital dalam mobil, radiator perlu dilakukan perawatan agar tidak mengalami kerusakan yang tentunya dapat membahayakan mesin kendaraan. Radiator yang bermasalah tentu dapat berpengaruh pada mesin yang akan mengalami overheat atau bahkan mogok. 

Cara Mengatasi dan Menganalisa Kerusakan Radiator Mobil Setelah mengetahui beberapa penyebab yang dapat membuat radiator mobil mengalami kerusakan, penting bagi Anda untuk melakukan perawatan terhadap radiator mobil agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Cara Mengatasi dan Menganalisa Kerusakan Radiator Mobil

Untuk itu tedymotor juga akan memberikan tips yang berguna untuk merawat radiator mobil agar awet dan tidak cepat mengalami kerusakan .

Cara Mengatasi dan Menganalisa Kerusakan Radiator Mobil 

  • Menguras dan Mengganti Air Radiator Secara Berkala

Melakukan pengurasan dan penggantian air radiator terbilang penting bahkan wajib dilakukan bagi setiap mobil. Proses menguras dan mengganti air radiator yang dilakukan secara rutin dapat meminimalisir adanya endapan yang dapat menyumbat saluran air di dalam radiator. Pengurasan air radiator juga tidak sembarangan, jika Anda kurang paham mengenai proses ini, serahkan kepada mekanik atau orang yang ahli dalam bidangnya.

  • Memeriksa Selang Radiator

Selang radiator berfungsi sebagai penghubung antara mesin dan juga radiator, komponen satu ini umumnya terbuat dari karet khusus tahan panas, namun meski selang radiator dapat menahan panas, tak selamanya dapat tahan panas secara terus menerus. Seiring lamanya pemakaian, selang radiator dapat mengeras dan retak, atau dapat juga memuai dan mengembang yang berpengaruh pada daya tahan dari selang tersebut juga menurun.

Penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan terhadap komponen satu ini setiap tiga atau enam bulan sekali dan perhatikan apakah terdapat selang radiator yang berpotensi mengalami keretakan, renggang dan sebagainya untuk segera diganti yang baru. Hindari melakukan penggantian yang terlambat karena dapat berakibat fatal apabila sampai pecah, bocor dan menyebabkan mesin overheat.

  • Periksa Tutup Radiator Mobil

Cara lain untuk merawat radiator sendiri di rumah ialah memeriksa penutup radiator, perhatikan apakah karet seal masih kenyal dan berfungsi dengan baik atau tidak. Selain itu pastikan pula kinerja pegas. Rusaknya tutup radiator dapat menyebabkan sirkulasi air panas yang seharusnya dikirim menuju reservoirmenjadi terhambat dan terpaksa dimasukkan kembali ke dalam mesin. Hal ini yang dapat membuat temperatur mesin kian meningkat.

  • Periksa Pengikat atau Klem Selang Radiator

Klem selang radiator berfungsi untuk mengikat antara selang radiator dan juga pipar agar terjamin kerapatannya sehingga tidak terjadi kebocoran. Apabila klem melonggar, dapat mengakibatkan adanya rembesan air yang apabila dibiarkan dalam kurun waktu cukup lama dapat membuat radiator kehabisan kapasitas air, hal inilah yang dapat membuat mesin mengalami overheat.

Untuk memeriksa komponen satu ini, Anda dapat terlebih dahulu memutar mur pengunci dengan kunci yang tepat, apabila melonggar, kencangkan namun jangan terlalu kencang atau dapat membuat pipa radiator pecah.

  • Periksa Kipas Pendingin Radiator

Anda perlu memastikan kipas pendingin radiator apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Apabila komponen satu ini tidak berfungsi dengan normal tentu dapat membuat mesin mengalami overheating. Lakukan pemeriksaan terhadap kipas pendingin dengan menyalakan mesin mobil terlebih dahulu, kemudian tunggu beberapa menit dan perhatikan apakah kipas secara otomatis menyala dan berputar saat mesin sudah panas ataukah tidak. Bila hasilnya kipas pendingin tersebut mati, penting bagi Anda untuk segera melakukan perbaikan.

Sekian info mengenai Cara Mengatasi dan Menganalisa Kerusakan Radiator Mobil   semoga berguna ,jika berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon