Loading...

Rabu, 30 November 2016

Cara Mudah Mengganti / Membersihkan Filter Udara Mobil

Tags

Cara Mudah Mengganti / Membersihkan Filter Udara MobilFilter udara dalam mobil merupakan komponen utama di dalam sistem udara masuk udara. Udara yang masuk ke dalam mesin harus bersih dari kotoran debu maupun partikel lainnya yang berbahaya dalam mesin, untuk itu setiap mesin selalu di pasang saringan udara ini.

Cara Mudah Mengganti / Membersihkan Filter Udara Mobil . Filter udara mobil perlu di bersihkan secara berkala, saringan ini di buat dari element berbahan kertas yang halus dengan pori-pori yang cukup kecil dengan tujuan dapat menghambat debu yang masuk ke mesin dan tetap bisa di aliri udara dengan bagus.
Mengganti / Membersihkan Filter Udara Mobil

Dalam interval tertentu saringan ini harus di ganti, misalnya setiap 20.000 km atau 40.000 km untuk mobil mobil terbaru biasanya bisa di pakai sampai 40.000 km dengan syarat sering di bersihkan. Cara membersihkan saringan udara ini gampang sekali tinggal membuka tempat saringan dan di semprot dengan angin bertekanan pada bagian dalam terlebih dahulu.
Berikut ini contoh gambar cara membersihkan filter udara mobil
Pertama setelah di lepas adalah memberikan tekanan angin pada sisi yang atas, di mana permukaan ini yang menghadap mesin, setelah di pastikan tidak ada debu lagi semprot menggunakan angin pada bagian hijau (menghadap udara luar) jangan lupa juga membersihkan tempat saringan udara karena biasanya di sana banyak sekali debu dan kotoran lainnya.
Jika kondisi sudah jelek dan tidak di ganti akan menyebabkan udara yang masuk terhambat debu dan kotor, mempercepat penumpukan kotoran dalam mesin dan menghambat suplay udara bersih yang bisa mengakibatkan nyendat.
Salah satu kasus yang terjadi pada mobil Innova adalah setelah mengganti filter udara ternyata tarikannya menjadi berat dan mesin seperti kelebihan beban, setelah di analisa berkali-kali suplai udara yang masuk ke dalam mesin berkurang, ternyata penyebabnya adalah mobil tersebut baru saja di ganti dengan menggunakan saringan udara yang imitasi  atau bukan original oleh pemiliknya dengan alasan harga lebih murah. Filter udara imitasi ini memiliki kerapatan yang padat dan desain tidak ada fungsi menyaringnya udara justru menjadi penghambat aliran udara, akibatnya saat di akselerasi pasukan udara berkurang.

Gambar filter udara kotor dan bersih
Mengganti / Membersihkan Filter Udara Mobil
Untuk itu bagi anda yang ingin melakukan pergantian filter udara sebaiknya gunakan selalu produk yang original, serta jangan lupa merawat kebersihan saringan udara paling tidak setiap sebulan sekali di semprot menggunakan angin biar tetap bersih dan juga mesin lebih awet atau setelah melakukan perjalanan di tempat yang penuh debu dan kotoran, untuk yang model kertas saringan udara hanya boleh di semprot menggunakan angin dan tidak boleh di cuci menggunakan air. Model filter udara bermacam-macam di pasaran ada yang datar dan bulat atau element panjang semua fungsi dan cara membersihkanya sama.

Sekian info mengenai Cara Mudah Mengganti / Membersihkan Filter Udara Mobil semoga berguna , jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon