Loading...

Kamis, 02 Februari 2017

Memilih Bahan Bakar Yang Tepat Untuk Kendaraan Anda

Tags

Memilih Bahan Bakar Yang Tepat Untuk Kendaraan AndaBanyak kita saksikan, terutama di SPBU, motor motor baru yang berkompresi tinggi mengantri panjang di pompa bensin type Premium. Aspek ekonomi lebih menekan daripada efek rusak ke depan pada mesin motornya atau memanglah kurangnya info tentang penentuan bensin ini.
Memilih Bahan Bakar Yang Tepat Untuk Kendaraan AndaSusunan bensin yang baik yaitu dengan komposisi n-heptana 0% serta iso-oktana 100%, n-heptana yaitu rantai karbon lurus sedangakn iso-oktana yaitu rantai karbon bercabang. Jika susunan satu BBM semakin banyak rantai bercabangnya jadi bensin itu lebih susah untuk terbakar serta digolongkan dalam bensin berkualitas baik demikian sebaliknya apabila komposisinya semakin banyak rantai karbon lurusnya jadi bensin itu berkualitas kurang baik. kendaraan anda akan tetap stabil jika menggunakan bahan bakar berkualitas serta anda selalu melakukan pengecekan secara berkala, selain itu dengan menggunakan bahan bakar yang bagus mesin anda di pastikan terhindar dari yang namanaya turun mesin. gunakan selalu pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan yang  akan membuat kendaraan anda selalu dalam keadaaan stabil dan aman.
Memilih Bahan Bakar Yang Tepat Untuk Kendaraan Anda

Petrol (umum dimaksud gasoline di Amerika Serikat serta Kanada ; di Indonesia umum dimaksud bensin) yaitu cairan kombinasi yang datang dari minyak bumi serta beberapa besar tersusun dari hidrokarbon dan dipakai sebagai bahan bakar dalam mesin pembakaran dalam. Arti gasoline banyak dipakai dalam industri minyak, bahkan juga dalam perusahaan bukanlah Amerika. Kadang-kadang arti mogas (kependekan dari motor gasoline, dipakai mobil) dipakai untuk membedakannya dengan avgas, gasoline yang dipakai oleh pesawat terbang enteng. Lantaran adalah kombinasi beragam bahan, daya bakar bensin tidak sama menurut komposisinya. Ukuran daya bakar ini bisa diliat dari bilangan oktan tiap-tiap kombinasi.
Memilih Bahan Bakar Yang Tepat 
Oktan yaitu angka yang tunjukkan berapakah besar desakan maksimum yang dapat diberikan didalam mesin sebelumnya bensin terbakar dengan cara spontan. Didalam mesin, kombinasi bensin serta hawa (berupa gas) dapat terbakar sendiri dengan cara spontan sebelumnya terserang percikan api dari busi. Jadi, makin tinggi angka oktannya, makin lama bensin itu terbakar spontan. Pembakaran spontan ini menyebabkan ketukan didalam mesin yang umum dimaksud tanda-tanda ngelitik atau knocking. Pembakaran spontan ini sebisa-bisanya dijauhi dengan angka oktan yang tinggi. Bila masihlah memakai premium yang beroktan 88, jadi mesin bakal ngelitik atau knocking.
Ciri fisik :
  • Premium warna kuning
  • Pertamax warna biru
  • PertamaxPlus warna merah

Premium yaitu bahan bakar minyak type distilat berwarna kekuningan yang jernih. Premium adalah BBM untuk kendaraan bermotor yang paling popular di Indonesia. Premium di Indonesia di pasarkan oleh Pertamina dengan harga yang relatif murah lantaran peroleh subsidi dari Biaya Pendapatan serta Berbelanja Negara. Premium adalah BBM dengan oktan atau Research Octane Number (RON) paling rendah diantara BBM untuk kendaraan bermotor yang lain, yaitu cuma 88. Biasanya, Premium dipakai untuk bahan bakar kendaraan bermotor bermesin bensin, seperti : mobil, sepeda motor, motor tempel, dan sebagainya. kendaraan yang ada saat ini kebanyakan menggunakan mesin injeksi dan modernisasi, namun sebenarnya itu sangat berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan itu sendiri, sebaiknya menggunakan bahan bakar yang berkualitas tinggi untuk kendaraan anda, gunakan selalu pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan serta akan membuat kendaraan anda tetap stabil dan dalam kondisi baik.
Premium

1. Memakai penambahan pewarna dye
2. Memiliki Nilai Oktan 88
3. Membuahkan NOx serta Cox dalam jumlah banyak

Pertamax yaitu bahan bakar minyak andalan Pertamina. Pertamax, seperti Premium, yaitu product BBM dari pemrosesan minyak bumi. Pertamax dibuat dengan menambahkan zat aditif dalam sistem pemrosesannnya di kilang minyak. Pertamax pertama kalinya di luncurkan pada th. 1999 sebagai pengganti Premix 98 lantaran unsur MTBE yang beresiko untuk lingkungan. Diluar itu, Pertamax mempunyai sebagian kelebihan dibanding dengan Premium. Pertamax direferensikan untuk kendaraan yang di produksi sesudah th. 1990, terlebih yang sudah memakai tehnologi setara dengan electronic fuel injection (EFI) serta catalytic converters (pengubah katalitik).
Pertamax

1. Diperuntukkan untuk kendaraan yang memakai bahan bakar beroktan tinggi serta tanpa ada timbal.
2. Untuk kendaraan yang memakai electronic fuel injection serta catalyc converters.
3. Menpunyai Nilai Oktan 92
4. Bebas timbal
5. Ethanol sebagai peningkat bilangan oktannya
6. Membuahkan NOx serta Cox dalam jumlah yang amat sedikit di banding BBM lain

Pertamax Plus yaitu bahan bakar minyak produksi Pertamina. Pertamax Plus, seperti Pertamax serta Premium, yaitu product BBM dari pemrosesan minyak bumi, dibuat dengan menambahkan zat aditif dalam sistem pemrosesannnya di kilang minyak. Pertamax Plus adalah bahan bakar yang telah penuhi standard performa International World Wide Fuel Charter (IWWFC). Pertamax Plus yaitu bahan bakar untuk kendaraan yang mempunyai rasio kompresi minimum 10, 5, dan memakai tehnologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers, serta catalytic converters.
Pertamax Plus

1. Sudah penuhi standar WWFC
2. BBM ini diperuntukkan untuk kendaraan yang bertehnologi tinggi serta ramah lingkungan
3. Memakai tehnologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers serta catalytic converters.
4. Tak memakai timbal, dengan kata lain tanpa ada timbal.
5. Memiliki Nilai Oktan 95
6. Toluene sebagai peningkat oktannya
7. Membuahkan NOx serta Cox dalam jumlah yang amat sedikit di banding BBM lain

Bagaimana bila di isi bensin dengan oktan lebih rendah?
Bensin dengan oktan rendah lebih gampang terbakar. Makin tinggi nilai CR pada mesin artinya memerlukan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi bikin bensin cepat terbakar (akibat desakan yang tinggi), yang bakal jadi permasalahan yaitu, saat bensin terbakar lebih awal sebelumnya busi memercikkan api. Waktu piston naik ke atas lakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, mengakibatkan piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruangan bakar itu. Kita kerap mendengar arti “Ngelitik” (pinging/knocking) . Bagaimana melukiskan ‘kejam’nya ngelitik yang dirasa piston? Seperti telapak tangan kita ditusuk-tusuk dengan paku, kurang lebih demikian. Perlahan-lahan tetapi tentu bikin piston seperti permukaan bln. serta bahkan juga dapat bolong.
Waktu berlangsung ‘ngelitik’, bensin tak jadi tenaga yang terpakai. Kerja mesin tak maksimal. Kembali diulang, mesin yang CR nya tinggi, membutuhkan bensin yang lambat terbakar. Makin tinggi nilai CR, bensin mesti makin lambat terbakarnya (oktan tinggi). Jadi untuk rekan-rekan, perhatikan nilai CR mesin mobil/motor kita, isilah bensin yang sesuai sama untuk mesin itu.
Bagaimana bila di isi bensin dengan oktan lebih tinggi?
Bensin dengan oktan lebih tinggi (pertamax, pertamax plus, dll), biasanya diperlengkapi dengan aditif pembersih, dsb. Tetapi sedikit berikan menambahkan tenaga, jadi angka oktan tinggi bukanlah artinya lebih bertenaga.
Rangkuman :
– Disarankan isi bensin sesuai sama nilai rasio kompresi. (terkecuali ada modifikasi lain).
– Makin TINGGI nilai oktan, jadi bensin makin lambat terbakar (karena titik bakarnya lebih tinggi).
– Makin TINGGI nilai oktan, jadi bensin lebih susah menguap (penguapan rendah)
– Bensin yang tidak berhasil terbakar (akibat oktan sangat tinggi), dapat mengakibatkan penimbunan kerak pada ruangan bakar atau pada klep.
Jalan keluar Alternatif :
Banyak langkah untuk mengakali supaya dapat memakai bensin Premium pada mesin yang ber-CR tinggi, tetapi mesin tak alami ‘ngelitik’, diantaranya :
– Memberikan Octane Booster pada bensin (dimasukkan ke tangki bensin)
– Memakai katalis untuk menambah nilai oktan (umumnya memiliki kandungan timbal, tak ramah lingkungan).
– Mengubah derajat saat pengapian (ignition timing) ke posisi yang lebih lambat Retard).
Memakai aplikasi water-injection (agak ribet untuk perawatannya).
Cairan Penambah Oktan

Cairan penambah oktan (Octane Booster) sendiri di buat untuk tingkatkan nilai RON bahan bakar. Biasanya, cuma membutuhkan sebagian tetes saja untuk merubah oktan bahan bakar Premium jadi setara Pertamax. Ada sangat banyak product octane booster yang mengedar di Indonesia sekarang ini. 2 merk yang pernah penulis cobalah yaitu : JapanEnergy serta Norival.

Sekian info mengenai Memilih Bahan Bakar Yang Tepat Untuk Kendaraan Anda semoga berguna , jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon