Loading...

Selasa, 17 April 2018

Pengertian dan Fungsi Exhaust Manifold Pada Mobil

Tags

Hallo brother Pengertian dan Fungsi Exhaust Manifold Pada Mobil  jika kita belajar prinsip kerja mesin 4 tak maka kita akan melihat ada 4 langkah yakni langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah buang. Langkah hisap merupakan langkah pemasukan udara sementara langkah buang adalah langkah pembuangan gas sisa.

Pengertian dan Fungsi Exhaust Manifold

Pengertian dan Fungsi Exhaust Manifold. Untuk langkah hisap sebelumnya telah kita bahas mengenai intake manifold, kali ini fungsi untuk mendukung proses pembuanagan gas sisa pembakaran akan diambil alih oleh exhaust manifold melalui katup EX.

Pengertian dan Fungsi Exhaust Manifold 

Pengerian exhaust manifold adalah saluran yang dibuat khusus yang digunakan pada mesin untuk media pelepasan gas sisa pembuangan, saluran ini akan menghubungkan kepala silinder dengan knalpot atau katalitik converter.

Memang fungsi exhaust manifold itu hanya satu yakni seperti yang disebutkan diatas untuk media pengaliran gas sisa pembuangan. Gas ini terbentuk saat mesin selesai melakukan proses usaha, untuk melanjutkan siklus mesin maka gas sisa tersebut harus dibuang keluar.

Karena gas ini memiliki suhu yang cukup tinggi maka tidak bisa sembarangan dibuang begitu saja, perlu adanya perlakuan khusus yang ditujukan agar gas sisa pembakaran mesin lebih ramah lingkungan dan juga suara pembakaran mesin bisa lebih tenang.

Fungsi ini di atur oleh knalpot yang memiliki rangkaian mufler, sementara saluran exhaust menghubungkan mesin dengan mufler pada knalpot.

Pada mesin empat silinder kita akan melihat beberapa konfigurasi seperti konfigurasu exhaust 4-2-1 yang artinya 4 saluran dari masing-masing silinder disatukan menjadi dua saluran kemudian disatukan lagi menjadi satu saluran, ada pula konfigurasi 4-2 dimana ada dua buah saluran yang menuju mufler.

Kelebihan penggunaan exhaust manifold dengan konfigurasi 4-2-1 adalah lebih ideal untuk digunakan pada segala kondisi karena untuk menyalurkan gas buang sudah di atur sedemikian rupa sehingga tidak ada gas yang menumpuk. Sementara model exhaust 4-2 digunakan untuk mesin sport dimana kecepatan menjadi kebutuhan utama, dalam hal ini aliran gas buang dibuat sebebas mungkin sehingga putaran mesin tidak terhambat langkah buang.

Sekian info mengenai Pengertian dan Fungsi Exhaust Manifold Pada Mobil semoga berguna ,jika berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon