Spooring/FWA adalah penyetelan tentang kelurusan roda bagian depan.
Tujuan Spooring adalah :
1. Agar system kemudi menjadi lebih stabil
2. Roda kemudi atau steer apabila dibelokkan akan kembali ke posisi semula/lurus
3. Meringankan system kemudi
4. Agar ban menjadi lebih awet pemakaiannya
Spooring meliputi penyetelan :
1. Camber
2. Caster
3. Kingpin Inklination dan Jarak Offset
4. Toe-in, toe-out dan Turning Radius
Apa itu Camber…?
Camber adalah sudut yang dibentuk oleh kemiringan roda bagian atas terhadap garis vertical, bila dilihat dari depan atau belakang kendaraan.
Camber ada yang positif dan ada yang negative. Camber positif adalah apabila roda miring ke arah luar terhadap garis vertkal, sedangkan camber negative adalah apabila roda miring ke arah dalam terhadap garis vertical.
gbr. Camber
Sudut camber mempunyai fungsi diantaranya adalah :
1 1. Mencegah keausan ban pada bagian dalam atau luar
2. Membantu mengarah kendaraan dengan menempatkan berat kendaraan pada pangkal spindle.
Apa itu Caster…?
Caster adalah sudut yang dibentuk oleh kemiringan kingpin atau perpanjangan garis sumbu sambungan peluru (ball joint) atas dan bawah dengan garis vertical, bila dilihat dari samping kendaraan.
Caster ada yang positif ada juga yang negative. Caster Positif adalah apabila titik potong perpanjangan garis sumbu kingpin dengan jalan berada di depan titik pusat persinggungan ban dengan jalan. Sedangkan sudut caster negative adalah apabila titik potong perpanjangan garis sumbu kingpin dengan jalan.
Gbr. Caster
Fungsi sudut caster adalah :
1 1. Mengontrol pengemudian atau arah kelurusan kendaraan pada saat berjalan
2. Mengembalikan steer ke posisi lurus setelah dibelokkan.
Apa itu Kingpin Inklination dan Jarak Offset….?
Sudut Kingpin adalah sudut yang dibentuk oleh kemiringan sumbu kingpin atau perpanjangan garis sumbu sambungan peluru atas dan bawah terhadap garis vertical, apbila kendaraan dilihat dari depan atau belakang.
Jarak Offset adalah jarak yang dibentuk oleh perpotongan antara garis tengah ban dengan kemiringan sumbu kingpin terhadap jalan .
Gbr. Kingpin Inklination
Apa itu Toe-in, toe-out dan Turning Radius….?
Toe-in adalah jarak roda depan bagian depan lebih pendek dibandingkan dengan jarak bagian belakang, sedangkan toe-out sebaliknya.
Gbr. Toe-in
Turning Radius adalah perbedaan sudut belok roda depan waktu berbelok. Perbedaan sudut belok roda depan yaitu sudut roda dalam lebih besar disbanding sudut roda luar dikarenakan kemiringan lengan knakle kemudi (steering knuckle arm).
Gbr. Sudut belok
Fungsi toe dan Turning Radius adalah :
1. Mencegah keausan ban, yang disebabkan adanya slip kesamping pada saat kendaraan membelok.
2 2. Membuat kendaraan membelok dengan lembut, karena pusat putaran rodakiri dan kanan terletak pada satu titik.
Gbr. Turning Radius
Peralatan pengukur spooring (font wheel alignment) dengan alat sederhana terdiri dari :
1 1. CCKG
2 2. Turn table
3 3. Toe-in gauge
Sedangkan alat yang lebih modern dengan menggunakan system computer.
baca juga Manfaat Spooring dan Balancing Bagi Mobil Anda .
baca juga Manfaat Spooring dan Balancing Bagi Mobil Anda .
Kapan mobil Anda harus di-spooring?
1. Ketika mobil anda sudah melaju 10.000 km (rekomendasi pabrikan mobil).
2. Ketika kemudi dalam posisi lurus dan mobil anda melaju ke depan, anda merasakan mobil oleng/condong ke kiri/kanan meskipun kendali kemudi tidak dirubah.
3. Ban yang aus secara tidak wajar atau ban tipis pada sisi dan telapak ban.
4. Kemudi yang lebih berat dari biasanya dan tidak nyaman atau setir tidak mau kembali pada posisi semua ketika dibelokkan.
5. Setelah melakukan penggantian ban
6. Setelah melakukan penggatian komponen.
4. Kemudi yang lebih berat dari biasanya dan tidak nyaman atau setir tidak mau kembali pada posisi semua ketika dibelokkan.
5. Setelah melakukan penggantian ban
6. Setelah melakukan penggatian komponen.
Sekian info mengenai Spooring/ Geometri roda depan (Front wheel Alignment) pada mobil. Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para sobat semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
EmoticonEmoticon