Loading...

Senin, 02 Mei 2016

Mengenali Kode-Kode pada Ban Mobil

Mengenali Kode-Kode pada Ban Mobil - Sebagai salah satu komponen terpenting dari kendaraan, ban memiliki jenis dan karakteristik berbeda-beda. Masing-masing jenis disesuaikan dengan fungsi dan tipe kendaraan yang memakainya.
Mengenali Kode-Kode pada Ban Mobil

Mengenali Kode-Kode pada Ban Mobil . Namun, mengenal ban bukan sekadar soal jenis, merek dan diameter, ada kode unik yang tercetak pada ban dengan makna-makna tertentu. Kode ini menjadi keterangan spesifikasi ban dari produsen.

Mengenali Kode-Kode pada Ban Mobil
Lalu, bagaimana cara membaca kode tersebut? Sebagai contoh, Indonesia yang menggunakan pengukuran metric, kebanyakan ban standard pabrikan memiliki kode 185/65/R16 88H, apa maksudnya?
Lebar, dan Tinggi
Angka 185 menunjukkan kode lebar telapak ban yang memakai satuan ukur milimeter, jadi angka tersebut berarti telapak ban memiliki lebar 185 milimeter.
Berikutnya ada angka 65, menunjukkan ketebalan/tinggi dinding ban yang dihitung melalui persentase lebar ban, maka 65 adalah tebal/tinggi ban 65% dari lebar telapak. Semakin kecil angkanya, maka akan semakin tipis dinding ban.
Konstruksi, dan Diameter
Kode R menjadi kode yang kerap disalah artikan, yakni sebagai ‘Ring’ atau satuan diameter, padahal kode R maksudnya adalah keterangan konstruksi ban, tepatnya dibuat dengan teknik Radial. Angka 16 baru menandakan diameter lingkar ban, yakni 16 inci.
Beban dan Kecepatan Maksimum
Untuk angka 88 menandakan indeks beban maksimal yang mampu ditopang ban, di mana 88 berarti satu ban mampu menopang beban hingga 560 kilogram. Untuk mobil, indeks beban maksimum dibuat antara 62 (265 kg) hingga 126 (1700 kg).
Kemudian ada kode H, menandakan batas kecepatan yang dapat ditempuh dengan ban tersebut, yakni 210 km/jam. Kode terendah adalah F dengan batas 80 km/jam, sementara tertinggi adalah Y untuk bisa capai 300 km/jam.
Masa Produksi
Tidak ketinggalan, selain kode-kode di atas, ada juga kode yang menandakan masa produksi ban tersebut, dengan keterangan pekan dan tahun produksi. Sebagai contoh, bila di dinding ban dekat bibir velg terdapat kode 1015, artinya ban diproduksi pada pekan ke-10 tahun 2015.
Kode-kode tersebut bisa menjadi panduan Anda saat akan membeli ban untuk mobil kesayangan atau ingin memodifikasi velg. baca juga tips membeli ban mobil dengan tepat .
Sekian info mengenai Mengenali Kode-Kode pada Ban Mobil . Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para sobat semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon