Loading...

Selasa, 17 April 2018

Inilah Fungsi Dan Cara Kerja Busi Sebenarnya

Tags

Hallo brother Inilah Fungsi Dan Cara Kerja Busi Sebenarnya Salah satu sistem utama untuk membuat mesin beroprasi adalah adanya sistem pengapian. Tujuan utama sistem pengapian adalah untuk membakar campuran bahan bakar dan udara yang sudah di kompresikan didalam ruang bahar oleh tekanan piston di dalam silinder. Maka, sistem utama dari proses pengapian sendiri adalah akan adanya komponen utama, salah-satunya busi.

Fungsi Dan Cara Kerja Busi . Fungsi utama dari busi sendiri adalah untuk membakar campuran bahan bakar dan udara yang sudah di kompresikan dengan cara memercikkan bunga api melalui ujung elektroda busi. Yang dimaksudkan bunga api ini sendiri adalah loncatan listrik yang dihasilkan dari tegangan tinggi pada Ignition Coil yang kemudian disalurkan melalui kabel busi. 

Fungsi Dan Cara Kerja Busi

Busi terbuat dari beberapa komponen yang memiliki daya tahan terhadap segala suhu. Hal tersebut dikarenakan busi sendiri harus memiliki ketahanan terhadap panas dan juga tekanan. 

Struktur busi sendiri terdiri dari :
  • Keramik
  • Insulator
  • Metal
  • Gasket
  • Dan yang terpenting adalah Elektroda

Di ujung tengah dari Elektroda dan ground elektroda inilah proses terjadinya loncatan api. Loncatan api ini terjadi dicelah dari elektroda yang dimaksudkan. Oleh karena itu, kondisi dari elektroda ini sangatlah penting. Apabila semakin lama busi ini digunakan, maka celah elektroda akan semakin besar, sehingga tegangan yang dibutuhkan untuk memercikkan api juga semakin besar. Jika hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan kegagalan pengapian (misfiring), efeknya, mesin mobil akan ngadet-ngadet.

Saat ini, busi-busi yang digunakan pada mesin mobil baru kebanyakan adalah busi Iridium. Iridium sendiri adalah lapisan pada elektroda, dan iridium sendiri dinilai lebih bagus dan lebih kuat dibandingkan dengan busi biasa. Namun, soal harga, busi Iridium pastinya lebih mahal daripada busi biasa, karena kualitas yang lebih bagus.

Bagaimana? Sudah lebih mengerti fungsi sebenarnya dari busi kan? Saatnya Anda perbarui busi Anda agar mesin tetap dalam kondisi baik.

Sekian info mengenai Inilah Fungsi Dan Cara Kerja Busi Sebenarnya semoga berguna ,jika berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon