Loading...

Selasa, 17 April 2018

Pengertian dan Fungsi ignition coil pada mesin mobil

Hallo brother Pengertian dan Fungsi ignition coil pada mesin mobil - Membahas tentang sistem pengapian mesin bensin tidak bisa jauh dari komponen bernama ignition coil. Komponen ini memiliki fungsi cukup vital pada hasil pengapian pada busi. Hal ini karena prinsip pengapian bermula dari koil pengapian.

Pengertian dan Fungsi ignition coil pada mesin mobil. Pengertian ignition coil adalah sebuah komponen khusus pada mesin yang bertujuan untuk menaikan tegangan baterai dari 12 Volt menjadi 20 Kv atau lebih dalam jangka waktu singkat. Meihat begitu pentingnya fungsi coil ini maka dalam sistem pengapian, ignition coil selalu ditempatkan jauh dari bagian mesin agar tidak terjadi short atau hubungan elektrikal dengan kelistrikan mesin lain.

Pengertian dan Fungsi ignition coil

Fungsi ignition coil yakni satu yaitu untuk mengubah energi listrik bertegangan 12 volt menjadi bertegangan cukup tinggi mencapai 20 kilo volt. Apakah bisa ? menggunakan prinsip trafo step up maka hal itu bisa saja dilakukan.

Prinsip yang digunakan pada ignition coil yaitu menginduksikan kumparan sekunder yang memiliki banyak lilitan menggunakan kumparan primer yang memiliki jumlah lilitan lebih sedikit sehingga gaya kemagnetan dari kumparan primer bisa membuat nilai tegangan kumparan sekunder meningkat.

Saat ini penggunaan ignition coil yang marak digunakan yakni berjenis single coil atau dual coil pack. Single coil adalah sebuah coil mini yang ditujukan untuk menghidupkan satu busi saja sehingga saat sebuah mesin memiliki 4 buah silinder maka ada 4 buah coil.

Sementara dual coil pack adalah sebuah koil yang digunakan untuk melayani dua buah busi. Kinerja coil ini bisa menghidupkan dua busi secara bersama sama sehingga saat salah satu silinder sedang langkah buang bisa saja busi menyala.

Namun untuk hal keefektifian maka single coil yang menjadi juaranya karena hanya hidup dikala mesin berada pada akhir kompresi dengan rentangan kinerja yang ringan karena hanya melayani satu busi. Tapi jika salah satu coil rusak biasanya kita diharuskan mengganti satu set coil karena konstruksi koil semacam ini biasanya terletak menjadi satu atau ada pula yang terletak secara individual.

Sekian info mengenai Pengertian dan Fungsi ignition coil pada mesin mobil semoga berguna ,jika berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon