Loading...

Senin, 30 Mei 2016

Tips Menguras Radiator Mobil dengan Tepat dan Efisien

Tags

Tips Menguras Radiator Mobil dengan Tepat dan Efisien - Seringkali, pengetahuan yang kurang tentang komponen radiator membawa kekeliruan pada perawatannya. Celakanya, kekeliruan tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada komponen ini. Lalu, bagaimana cara menguras radiator yang benar?
Seringkali terdapat banyak sekali salah kaprah dalam menguras radiator. Orang kerap berfikir dalam menguras radiator hanya perlu membuka tutup bawah dan membiarkan air mengalir keluar. Padahal, perlakuan tersebut tergolong tidak efektif dan optimal. Selain hanya akan membuang-buang cairan pembersih, hal tersebut akan mengakibatkan lumpur tetap mengendap di dalam mesin.
Sebelum pengurasan dilakukan ada baiknya jika kita menggunakan cairan radiator cleaner untuk hasil yang lebih optimal. Untuk pengaplikasiannya bisa dilakukan sebelum pengurasan dimulai. Caranya adalah masukan cairancleaner ke dalam radiator sebagai ganti air dan biarkan dia berada di dalam selama 25 menit. Dalam kondisi tersebut pastikan jika mesin tetap dalam keadaan hidup. Ketika sudah selesai maka pengurasan bisa dilakukan. 
Menguras Radiator Mobil dengan Tepat dan Efisien



Cara Menguras Radiator Mobil dengan Benar

  1. Biarkan mesin tetap dalam keadaan menyala.
  2. Lepas selang bagian atas yang menghubungkan radiator dengan mesin.
  3. Biarkan selang tersebutterlepas dari mesin, sehingga nantinya air bersama lumpur-lumpur akan dapat keluar dari sana.
  4. Masukan air ledeng untuk pengurasan secara bertahap. Jika menggunakan cleaner pastikan pada air ledeng tersebut dapat menggantikan semua cairan cleaner yang ada di dalam radiator dan mesin.
  5. Air ledeng tersebut nantinya akan masuk dan mengalir melalui saluran radiator, bersirkulasi memasuki mesin hingga sampai ke gearbox.
  6. Dari gearbox akan disalurkan lagi ke mesin dan akan keluar bersama lumpur-lumpur  yang sudah mengendap di mesin melalui selang yang sudah disiapkan dalam langkah nomer 2.
  7. Jika sudah selesai dan air ledeng  terlihat bersih, sambungan semua selang seperti semua. Jangan lupa untuk memasukan air radiator sebagai gantinya.
  8. Untuk hasil akhir, buka nipple agar udara yang terjebak dalam saluran bisa dikeluarkan.
Untuk perawatan radiator, disarankan dilakukan pengurasan setiap 20 ribu km. Dengan perlakuan ini, dipastikan saluran radiator dan mesinnya akan bersih dari kerak. Untuk baiknya air yang ada radiator mengandung PH=7. Air dengan PH seperti itu bisa ditemui pada air suling/destile water. Hal tersebut baik dilakukan untuk meminimalisir timbulnya lumpur ataupun karat setelah radiator sudah bersih.
Nah, itulah beberapa Tips Menguras Radiator Mobil dengan Tepat dan Efisien yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Semoga dengan adanya artikel sederhana tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon