Loading...

Minggu, 29 Januari 2017

Manfaat dan Kegunaan Engine Brake Saat Mengemudi

Manfaat dan Kegunaan Engine Brake Saat Mengemudi - Dalam berkendara, kita mengenal teknik pengereman dengan memanfaatkan putaran mesin atau lebih dikenal dengan istilah engine brake. Selain secara sederhana untuk memperlambat laju kendaraan, ternyata engine brake memiliki manfaat dan kegunaannya sendiri. Yang utama jelas untuk membantu meringkankan beban kerja pada sistem pengereman mobil. Dengan menggunakan bantuan engine brake, maka sistem pengereman secara keseluruhan akan lebih awet.
Manfaat dan Kegunaan Engine Brake Saat Mengemudi . Manfaat engine brake secara langsung dapat dirasakan jika melewati rute pegunungan atau dominan jalan menurun. Jika kita hanya mengandalkan rem kaki, maka akan ada bahaya yang mengintai. Diantaranya adalah temperatur pada sistem pengereman yang dapat meningkat secara drastis atau overheating.
Sistem pegereman yang terlalu panas atau overheating akan membuat efektifitas pengereman menjadi berkurang atau bahkan menjadi blong. Sehingga mobil bisa saja terus melaju dan tidak melambat seperti yang kita inginkan saat menginjak pedal rem. Dalam hal ini, engine brake akan membantu menahan laju kendaraan saat jalanan menurun. Sehingga kita tidak perlu terus-menerus menginjak pedal rem.
Manfaat engine Brake Pada Mobil
Saat jalanan normal atau bahkan jalanan lurus seperti jalan tol, engine brake juga dapat membantu untuk menjaga mobil agar tidak overspeed. Khususnya untuk mobil dengan bodi yang cukup besar. Menggunakan gigi rendah akan membantu menahan laju kendaraan, khususnya saat anda butuh untuk memperlambat kendaraan.
Hal ini dapat kita lihat dengan seringnya terlihat rambu “gunakan gigi rendah untuk truk”. Tujuannya adalah agar mobil tidak meluncur begitu saja tanpa dapat dikendalikan. Karena saat kecepatan terlalu tinggi, dan rasio gigi yang digunakan bukan gigi rendah, maka mobil dengan bobot yang berat akan melaju begitu saja. Jika sudah terlanjur, maka penggunaan rem kaki tidak akan banyak membantu.

Engine Brake Pada Mobil Matic

Penggunaan engine brake memang cukup dipertanyakaan bagi pengguna mobil dengan transmisi otomatis. Namun pada dasarnya, semua mobil memiliki kemampuan untuk melakukan engine brake. Termasuk juga pada mobil dengan transmisi otomatis.
Namun demikian, engine brake pada mobil matic sedikit berbeda dibandingkan pada mobil manual. Khususnya untuk matic dengan sistem continuously variable transmission atau CVT. Pada mobil matic CVT, engine brake bisa dilakukan. Hanya saja efeknya relatif kecil.
Sekian info mengenai Manfaat dan Kegunaan Engine Brake Saat Mengemudi semoga berguna , jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon