Loading...

Rabu, 01 Februari 2017

Cara Mudah Menyetel Keranggangan Busi Mobil

Tags

Cara Mudah Menyetel Keranggangan Busi Mobil - Sebuah mesin membutuhkan busi dengan pengaturan kerenggangan yang sesuai agar dapat bekerja dengan baik. Ukuran kerenggangan mempengaruhi suhu pengapian busi, yang secara langsung akan berpengaruh terhadap pembakaran bahan bakar dan udara di dalam mesin. Memperbesar kerenggangan busi akan menghasilkan percikan api yang lebih besar, yang dapat bermanfaat bagi beberapa mesin yang dimodifikasi guna memaksimalkan efisiensinya. 
 Menyetel Keranggangan Busi Mobil
Cara Mudah Menyetel Keranggangan Busi Mobil . Umumnya mobil - mobil baru sekarang, mesinnya sudah model HLA (Hydraulic Lash Adjuster). Berarti, saat tune-up tak perlu setel kl ep, paling cek filter-filter dan busi. Untuk yang terakhir, bisa dilakukan sendiri demi menghemat pengeluaran.
Cara Menyetel Keranggangan Busi Mobil
Peralatan yang dibutuhkan hanya kunci busi dan filler. Inilah petunjuk membuka dan pemeriksaannya.
1. Untuk penggantian busi yang belum terlalu lama, biasanya kondisi busi masih baik. Hanya gap atau celah antara katoda dan anoda kerap berubah lantaran katoda alias inti busi yang sudah termakan api saat terjadi percikan.
2. Lazimnya ukuran celah antara 0,7-0,8 bila menggunakan filler. Seandainya kondisi busi tidak kotor, cukup ukur ulang celah pada keempat busi.  
3. Jika ukuran gap di atas 0,8, setel ulang dengan cara mengetuk anoda ke permukaan yang keras, tapi perlahan. Bisa juga menggunakan gagang filler
4. Ketika mengukur celah, lakukan berulang kali sampai dapat ukuran ideal. Cara yang sama diperlakukan pada busi lainnya. Bila sudah, pasang keempat busi ke kepala silinder. Jika ada yang terjatuh, periksa kembali celahnya.
Sekian info mengenai Cara Mudah Menyetel Keranggangan Busi Mobil semoga berguna , jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih…

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon