Loading...

Rabu, 15 Maret 2017

Berapa Ukuran Tekanan Ban Mobil yang Tepat Agar Aman

Tags

Hallo brother Berapa Ukuran Tekanan Ban Mobil yang Tepat Agar Aman Sebagian dari pemilik mobil kerap kurang perduli dengan detail yang ada pada mobil mereka. Salah satunya adalah menganggap remeh dan kurang memperhatikan tekanan angin pada ban. Sejatinya, tekanan angin ban mobil akan terus berkurang meski tidak signifikan. Kondisi dimana tekanan angin menurun di bawah batas ideal ini akan mengurangi kenyamanan dan juga meningkatkan konsumsi bahan bakar. Tak hanya itu, ban mobil dengan angin yang tidak sesuai juga tentu akan membahayakan saat dikendarai.
Ukuran Tekanan Ban Mobil . Selain efek serta bahaya yang mungkin terjadi, tekanan angin yang kurang pas juga akan membuat usia pakai ban menjadi lebih pendek. Oleh karena itu, tekanan angin pada ban mobil harus dicek setidaknya satu kali setiap bulannya. Hal ini dikarenakan kondisi ban masuk ke dalam kategori safety dalam berkendara. Dalam perjalanan jauh dan kecepatan tinggi, tekanan angin yang tidak sesuai bisa saja menyebabkan ban mobil pecah secara tiba-tiba.
 Ukuran Tekanan Ban Mobil
Umumnya, kecelakaan yang diakibatkan ban pecah saat kecepatan tinggi juga dialami karena ban yang kempis sementara muatan mobil terbilang banyak. Bahkan untuk beberapa kasus, muatan mobil juga melebihi kapasitas mobil itu sendiri. Efeknya, ban yang kempis akan membuat dinding ban menerima tekanan lebih dari yang sudah didesain untuk diterima.
Ukuran Tekanan Ban Mobil yang Tepat 
Ukuran tekanan ban pada mobil berbeda beda antara jenis mobil satu dengan yang lainnya. Kebanyakan bengkel yang ada di jalan dalam mengisi angin selalu menggunakan ukuran 45 psi walaupun tidak semua bengkel, padahal ukuran standard yang sering digunakan adalah > 35 psi agar lebih awet dan tahan lama (dari sumber yang pernah saya baca) . Lalu apakah tekanan ban bagian depan harus berbeda dengan tekanan ban belakang..?
Rata rata ukuran tekanan ban mobil pada bagian depan umumnya yaitu 32 sampai dengan 34 Psi sedangkan untuk ban mobil bagian belakang yaitu 30- 32 Psi. Untuk menentukan tekanan ban ada banyak faktor tergantung pada cuara ,berat beban mobil dan juga merek ban yang digunakan. Saat mobil melaju dengan kecepatan atau berakselerasi diatas 110 KM/jam akan terjadi yang namanya peningkatan tekanan. Kenapa..? karena udara di dalam ban memuai, maka anda harus berhati hati , hal ini akan membahayakan penumpang apabila ban sampai meledak.
Pada dasarnya saat anda membeli mobil baru pasti di bekali dengan buku petunjuk atau buku manual tentang tekanan ban mobil yang pas digunakan , karena setiap jenis mobil dalam tekanan ban mobil berbeda beda. Untuk ukuran ban mobil biasanya tertera atau tertempel pada bagian pintu sisi pengemudi, coba anda perhatikan disana ada ukuran tekanan ban yang benar untuk ban mobil kendaraan kita. Lalu bagaimana dengan tekanan ban > 35 ….?
Untuk ukuran tekanan ban > 35 biasanya pada mobil mobil yang membuat penumpang seperti mobil kijang innova yang mempunyai beban muatan yang lumayan sangat berat. Oleh karena itu dibutuhkan pengisian udara yang pass /tekanan ban yang pass agar bisa menopang banyak penumpang, selain itu juga dengan tekanan ban yang ideal saat digunakan menikung atau manuver akan lebih nyaman.
Untuk tekanan ban kendaran baik pada motor atau pada mobil yang paling baik adalah tidak terlalu kekurangan dan juga tidak terlalu berlebihan. Apabila tekanan ban kurang maka ban akan cepat panas dan juga akan mudah sekali ban mengalami kerusakan dan cepat habis. Untuk tekanan ban yang ideal dan aman anda bisa melihat di buku petunjuk masing masing mobil anda dan mengikuti standard yang sudah diberikan.
Bagaimana untuk ukuran tekanan ban serep (ban pengganti) ..?
Untuk ukuran tekanan ban pengganti tidak boleh melebihi ambang batas dan juga untuk ban pengganti bisa diberikan tekanan lebih banyak/tinggi sedikit ketimbang ban yang digunakan
Bagaimana , cukup mudah bukan…?
Sekian info mengenai Berapa Ukuran Tekanan Ban Mobil yang Tepat Agar Aman semoga berguna , jika berguna monggo di share ke rekan- rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... Terima kasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon