Loading...

Senin, 09 April 2018

Efek Menakutkan Dari Emisi Gas Buang Kendaraan

Hallo brother Efek Menakutkan Dari Emisi Gas Buang Kendaraan - Emisi gas buang mengandung karbon monoksida yang tidak berbau, tetapi bila karbon monoksida ini dalam konsentrasi yang cukup, maka akan membuat emisi gas buang menjadi racun. Bukan hanya karbon monoksida saja, tetapi ada juga karbon dioksida yang akan membuat manusia menjadi mati lemas bila menghirupnya.

Efek Menakutkan Dari Emisi Gas Buang Kendaraan. Kebocoran yang terjadi pada kendaraan biasanya didekat exhaust manifold janganlah diabaikan begitu saja, sebab gas buang yang keluar dari tempat yang bocor tersebut akan mengakibatkan efek yang menakutkan yaitu kematian. Jadi setiap kerusakan atau sambungan pipa knalpot lepas atau berlubang, segeralah diperbaiki guna mencegah suatu kejadian yang tidak terduga.
Efek Menakutkan Dari Emisi Gas Buang Kendaraan
Adapun Kandungan zat dan Efeknya dari Emisi Gas Buang Kendaraan :

1. HC atau Hidrokarbon

Hidrokarbon(HC) merupakan unsur senyawa bahan bakar bensin, HC yang ada pada gas buang adalah dari senyawa bahan bakar yang tidak terbakar habis dalam proses pembakaran pada kendaraan. Hidrokarbon Efeknya dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan terutama pada selaput lendir, mata, hidung dan tenggorokan dan jika terakumulasi dalam waktu yang agak lama hidrokarbon juga berpotensial menyebabkan penyakit kanker.

2. CO atau Karbon monoksida

Karbonmonoksid(CO)  merupakan  senyawa  gas  beracun yang  terbentuk akibat pembakaran yang tidak sempurna dalam proses kerja pada kendaraan, gas CO merupakan gas yang relatif tidak stabil dan cenderung bereaksi dengan unsur lain.
Efeknya dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan darah dalam menyerap oksigen yang dibutuhkan organ tubuh yang sangat vital yakni otak, paru dan jantung serta jaringan tubuh, akibat dari adanya kandungan CO dalam aliran darah . CO pada kadar konsentrasi yang rendah sampai sedang akan dapat menimbulkan efek penyakit Cardiovascular effect (adanya ancaman kesehatan akibat menghirup CO dalam konsentrasi rendah) serta ancaman yang serius bagi penderita penyakit jantung seperti angina, clogged arteries, sedangkan efek menghirup CO pada konsentrasi sedang sampai tinggi dapat menyebabkan langsung gangguan pada penglihatan, kemampuan konsentrasi dalam bekerja, kesulitan dalam menyelesaikan rangkaian tugas, dalam konsentrasi yang tinggi dapat menyebabkan kematian.

3. NOx atau Nitrogen Oksida

Senyawa NOx adalah ikatan kimia antara unsur nitrogen dan oksigen. Dalam kondisi normal atmosphere, nitrogen adalah gas inert yang amat stabil yang tidak akan berikatan dengan unsur lain. Tetapi dalam kondisi suhu tinggi dan tekanan tinggi dalam ruang bakar, nitrogen akan memecah ikatannya dan berikatan dengan oksigen.Senyawa NOx ini sangat tidak stabil dan bila terlepas ke udara bebas, akan berikatan dengan oksigen untuk membentuk NO2. Inilah yang amat berbahaya karena senyawa ini amat beracun dan bila terkena air akan membentuk asam nitrat.
Efeknya dapat menyebabkan iritasi mata, batuk, meningkatkan kasus asma, menimbulkan infeksi saluran nafas, memicu kanker paru-paru, serta gangguan jantung dan paru. 

4. Pb atau Timah Hitam

Timah hitam(Pb) merupakan senyawa beracun yang terkandung dalam bahan bakar bensin dengan tujuan untuk menaikkan angka oktan bensin sehingga pada waktu pembakaran dalam proses kerja kendaraan tidak mudah terjadi detonasi atau knocking.
Efeknya dapat merusak pertumbuhan otak pada anak-anak, karena berpotensi menurunkan tingkat kecerdasan (IQ), selain itu timah hitam (Pb) sebagai salah satu komponen polutan udara mempunyai efek toksit yang luas pada manusia dan hewan dengan mengganggu fungsi ginjal, saluran pencemaan, sistem saraf pada remaja, menurunkan fertilitas, menurunkan jumlah spermatozoa dan meningkatkan spermatozoa abnormal serta aborsi spontan.

Dapat kami simpulkan betapa bahayanya dari efek emisi gas buang kendaraan. Untuk itu kami sarankan kepada pemilik kendaraan hendaknya melakukan service secara rutin dan berkala untuk mengurangi kadar emisi gas buang tersebut ,memperbanyak penghijauan mulai dari sekarang dan jauhkan anak - anak dari emisi gas buang kendaraan serta pakai selalu penutup hidung pada saat di luar rumah.

Sekian info mengenai Efek Menakutkan Dari Emisi Gas Buang Kendaraan semoga berguna ,jika berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon