Loading...

Senin, 09 April 2018

Maksud dari Penggunaan bensin tanpa timbal

Tags

Hallo brother Maksud dari Penggunaan bensin tanpa timbal “Menggunakan bensin tanpa timbal” pasti udah ga asing lagi dong sama kalimat tersebut, apalagi bagi yang milikin sepeda motor yang sudah menganut system Fuel Injection. tapi sudah tahukan anda maksud dari bensin bebas timbal itu sendiri seperti apa?
Maksud dari Penggunaan bensin tanpa timbal. Sebelumnya saya ingin menjelaskannya sedikit mengenai Timbal tersebut, TEL (Tetra Ethyl Lead) atau yang biasa dikenal dengan Timbal adalah sebuah senyawa kimia yang digunakan sebagai aditif dalam bahan bakar minyak (BBM) untuk meningkatkan angka oktan.
Akhir-akhir ini, banyak muncul produk sepeda motor yang menggunakan teknologi Fuel Injection. Mesin-mesin tersebut dalam spesifikasi dari pabriknya, menggunakan bensin tanpa timbal. Banyak orang menyimpulkan bahwa bensin tanpa timbal di Indonesia adalah Pertamax atau Pertamax Plus.
Dari anggapan itu mereka-mereka yang ingin membeli kendaraan dengan sistem PGM-FI (Programmed Fuel Injection) berpikir dua kali karena mesti ngasih makan Pertamax pada motornya. Sebenarnya, ditilik dari sistem pencampuran udara dengan bensin pada mesin karburator dan Fuel Injection tidak terlalu dipengaruhi jenis bensinnya.
karburator
Mesin karburator mencampur bensin dan udara dengan memakai tabung venturi. Aliran udara memanfaatkan sedotan piston di ruang bakar saat piston (seker) bergerak ke bawah. Sedangkan untuk mengatur bukaan lubang bensin dan udara menggunaan jarum dan klep.
Injector
Sedangkan itu, pada mesin FI pencampuran bensin dan udara dengan menggunakan sistem pompa. Komposisi udara dan bensin yang dicampurkan oleh injektor diprogram oleh komputer menyesuaikan dengan tarikan gas tangan dan suhu udara.
Jadi, mau bensin apapun sebenarnya sampai tahap ini PGM FI (pada hemat saya) tidak ada masalah.
Akan tetapi, kemungkinan kenapa pihak pabrik merekomendasikan penggunaan bensin non-timbal adalah karena pada mesin PGM FI dilengkapi katalis yang  menyempurnakan pembakaran yaitu dengan memfilter gas buang sehingga gas-gas yang belum ‘sukses’ terbakar sempurna akan terbakar (dengan fasilitas katalis tadi). Bila menggunakan bensin bertimbal, ‘debu’ timbal akan menempel pada katalis dan mengerak.
Sekian info mengenai Maksud dari Penggunaan bensin tanpa timbal semoga berguna ,jika berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon