Loading...

Rabu, 18 April 2018

Komponen-Komponen Sistem Pendinginan Mobil

Tags

Hallo brother Komponen-Komponen Sistem Pendinginan Mobil  Sistem pendinginan sangatlah penting sahabat bagi kendaraan kita, bayangkan saja jika kendaraan tidak dilengkapi dengan sistem pendinginan apa yang akan terjadi, tentu saja keadaan mesin akan sangat panas (over heating), komponen-komponen yang terbuat dari logam akan cepat memuai yang akibatnya mungkin akan terjadi kebengkokan di kepala silinder atau blok, dan yang pasti tenaga mesin akan berkurang (tidak optimal). Tentu saja hal tersebut tidak pernah sahabat inginkan bukan?

Komponen-Komponen Sistem Pendinginan MobilPada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang komponen-komponen sistem pendingin air, disini apakah sahabat sudah tahu apa saja komponen-komponen sistem pendingin air? jika belum mari kita bahas bersama apa saja komponen-komponen sistem pendinginan air.

Konstruksi dari sistem pendinginan air dapat kita lihat seperti gambar dibawah ini:

Komponen-Komponen Sistem Pendinginan Mobil

Dari konstruksi gambar diatas, sahabat pasti sudah ada yang tahu beberapa nama komponen-komponen tersebut, kemudian apa sih fungsi dari komponen-komponen tersebut?

Komponen-komponen Sistem Pendingin Mobil
  • Radiator
Pada sistem pendingin, radiator berfungsi untuk mendinginkan cairan pendingin setelah menyerap panas dari mesin dengan membuangnya melalui sirip-sirip pendingin. Lebih mudahnya, untuk mendinginkan air pendingin yang telah mendinginkan mesin.
  • Kipas Radiator
Kipas radiator memiliki fungsi untuk menghembuskan udara ke arah mesin sehingga terjadi proses pendinginan.
  • Tutup Radiator
Tutup radiator berfungsi sebagai pressure valve yang menjaga tekanan di dalam ruang sirkulasi air agar tetap pada tekanan yang diinginkan.
  • Pompa Air (Water Pump)
Pompa air atau dengan nama lain water pump berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin ke seluruh sistem pendingin. Pompa air ini biasanya juga digerakkan oleh v-belt bersamaan dengan kipas pendingin.
  • Thermostat
Thermostat berfungsi untuk mengatur sirkulasi antara air panas yang ada di ruang mesin dengan air dingin yang ada di dalam kisi kisi radiator sesuai dengan suhu mesin sehingga temperatur kerja mesin tetap stabil agar tenaga mesin yang dihasilkan menjadi besar dan tentunya mesin mobil tak akan mengalami overheat.
  • Reservoir Tank
Reservoir tank memiliki kegunaan untuk menampung sementara uap air pada saat mesin panas atau sebagai tangki cadangan.
  • Tali Kipas (Fan Belt / V-Belt)
Berfungsi untuk menggerakkan kipas pendingin (kipas radiator) dan juga pompa air.
  • Water Jacket
Merupakan saluran-saluran air pendingin di dalam mesin sebagai jalan air dalam mendinginkan mesin.
Berbagai komponen sistem pendingin di atas tentu dapat mengalami permasalahan seiring dengan pemakaian serta perawatan komponen yang jarang diterapkan. Pompa air (water pump), tali kipas (v-belt), dan tutup radiator merupakan beberapa komponen yang seringkali mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi tentunya penting untuk dibenahi secepat mungkin.

Sekian info mengenai Komponen-Komponen Sistem Pendinginan Mobil semoga berguna ,jika berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon