Loading...

Selasa, 17 April 2018

Pengertian dan Fungsi Kabel busi pada mesin mobil

Hallo brother Pengertian dan Fungsi Kabel busi pada mesin mobil - Saat kita belajar sistem pengapian mesin bensin maka kita akan berhadapan pada busi yang memercikan api. Percikaan api yang diperoleh pada busi didapat dari lompatan elektron dari listrik bertegangan cukup besar hingga 20 Kv. Sehingga elektron tersebut akan berwujud seperti percikan api.

Pengertian dan Fungsi Kabel busi . Dalam kinerjanya, untuk mengalirkan listrik bertegangan tinggi dari koil ke busi tidak bisa dilakukan oleh sembarang kabel karena tegangan yang mencapai 20 Kv ini bukanlah tegangan yang kecil meski hanya bersifat searah. Tapi listrik ini mampu menimbulkan efek getaran yang cukup kuat jika kita memeganginya.

Pengertian dan Fungsi Kabel busi

Dari hal diatas maka dibuatlah sebuah kabel khusus yang digunakan sebagai konduktor untuk menghantarkan listrik bertegangan cukup tinggi tanpa membahayakan komponen eletrikal lainnya. Kabel ini kita sebut dengan kabel tegangan tinggi atau kabel busi.

Pengertian dan Fungsi Kabel busi pada mesin mobil

Pengertian kabel busi adalah sebuah kabel khusus yang terubat dari beberapa serat konduktor yang juga dililit dengan bahan isolator tebal untuk mengalirkan arus listrik dengan tegangan cukup tinggi tanpa membahayakan komponen sekitar.

Fungsi kabel busi antara lain
  • Sebagai pengalir arus lisrtrik yang keluar dari busi menuju distributor
  • Sebagai pengalir arus listrik dari distributor ke busi
  • Sebagai kabel khusus yang mencegah terjadinya short atau kebocoran arus bertegangan tinggi dari coil.
Dilihat dari fungsinya memang, tidak secara langsung berpengaruh terhadap kinerja mesin tapi sebuah kabel busi juga bisa mempengaruhi kinerja busi yang berimbas pada hasil pembakaran yang kurang optimal.

Kabel busi terdiri dari satu kawat utama yang terletak di tengah kabel, kemudian di sekitar kawat terdapat beberapa helai kawat tipis yang mengelilingi kawat utama tapi, masih terhalang oleh adanya isolator berbahan karet. Serat kawat ini tujuannya untuk menjaga gaya kemagnetan kabel busi agar bisa secara maksimal tersalurkan ke busi.

Meski sudah dilapisi isolator tebal berbahan karet tetap saja saat kita memegang kabel busi ketika mesin hidup bisa berpotensi terjadi tersetrum meski arus tersebut masih bersifat searah. Hal itu dikarenakan sifat arus yang AC atau DC tidak bisa menjadi patokan apakah bisa tersetrum atau tidak.

Tapi ketika ada aliran listrik dengan tegangan besar maka daya yang mengalir juga besar sehingga tetap menimbulkan efek kejutan. Untuk itu disarankan untuk lebih berhati-hati disaat akan memeriksa area kabel busi, disarankan menggunakan sarung tangan sebagai lapisan.

Sekian info mengenai Pengertian dan Fungsi Kabel busi pada mesin mobil semoga berguna ,jika berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon