Loading...

Rabu, 11 April 2018

Penyebab Dan Cara Atasi Mobil Diesel Kurang Bertenaga/Ngempos

Tags

Hallo brother Penyebab Dan Cara Atasi Mobil Diesel Kurang Bertenaga/Ngempos - Jika Anda termasuk orang yang lebih suka mobil diesel, Anda harus lebih memperhatikan kondisi mesin, jangan sampai Anda mengabaikanya. Meskipun mobil bermesin diesel lebih kuat daya tahanya dibandingkan dengan mesin bensin, tetap saja jika Anda tidak rajin merawat mobil tersebut mobil akan mengalami kerusakan.
Penyebab Dan Cara Atasi Mobil Diesel Kurang Bertenaga/Ngempos

Penyebab Dan Cara Atasi Mobil Diesel Kurang Bertenaga/NgemposAgar tarikan mobil dengan mesin diesel tetap bertenaga, Anda harus rutin melakukan perawatan mesin dan mengganti beberapa komponen yang sekiranya perlu untuk diganti. Karena, perawatan untuk mobil bermesin diesel ini tidak hanya rutin mengganti oli setiap sudah 10.000 kilometer. Dan berikut tips ampuh atasi tenaga mobil diesel mulai ngempos dan penyebabnya. Selain harus mengganti oli dan Anda perlu melakukan pengecekan dan perbaikan komponen lainya:
  1. Lakukan tune up
Jika tenaga mobil dengan mesin diesel Anda sudah mulai ngempos, Anda harus lakukan tune up menggunakan cairan purging di setiap 20.000 km. Untuk lebih bagusnya lagi, saat Anda melakukan tune up ganti juga filter oli dan filter solar agar tenaga kembali kuat.
Karena Solar yang merupakan bahan bakar mesin diesel memiliki kadar oktan kurang bagus jika dibandingkan dengan bahan bakar bensin. Dan saat mobil Anda larinya sudah kurang enak dan tidak kencang lagi atau tenaga mesin mobil ngempos, itu menandakan banyak kotoran dan juga uap air yang sudah mengendap di filter solar mobil Anda.
Perlu Anda ketahui juga batas maksimal penggantian filter solar pada mobil mesin diesel ini adalah 20.000 km. Karena filter solar memang tidak bisa dibersihkan ketika sudah kotor dan harus diganti, berbeda dengan filter bensin.
Mobil yang menggunakan bahan bakar solar memang lebih sensitif dibandingkan dengan bahan bakar bensin. Jadi untuk perawatan dari filter solar agar tenaga mobil diesel tidak ngempos memang harus diganti secara berkala.
  1. Ganti busi ( untuk mesin bensin )
Selain filter solar yang sudah kotor, busi yang kotor pun bisa menjadi penyebab dari lemahnya tenaga mobil dengan mesin diesel. Untuk itu anda harus lebih memperhatikan sudah kotor atau belum busi mobil anda, jika sudah kotor sebaiknya segera bersihkan atau diganti saja dengan yang baru. Busi yang kotor akan mempengaruhi kerja mesin, yang mana bisa menghambat proses pembakaran.
  1. Periksa radiator
Untuk trik yang ketiga, periksa bagian body radiator jangan sampai body radiator tersebut dalam kondisi basah. Karena jika radiator basah akan ada bocor dan terjadi rembesan, hal itu akan membuat tenaga mobil mesin diesel ngempos. Selain itu, anda juga harus memperhatikan kualitas dari air radiator tersebut. Jangan biarkan air radiator mobil Anda kotor atau keruh karena akan menghambat kerja mesin itu sendiri.
  1. Periksa bagian lain
Selain harus memeriksa dan memperbaiki filter solar, anda juga harus memastikan bahwa fan atau kipas pendingin bisa bekerja dengan baik dan juga tidak ada masalah. Pastikan bahwa proses pertukaran atau aliran udara sudah berjalan sesuai dan baik.
  1. Ganti oli
Trik ampuh terakhir untuk mengembalikan tenaga yang ngempos mobil diesel adalah ganti oli tepat waktu. Pastikan kecukupan dan kualitas oli mesin sudah cukup dan juga baik digunakan untuk menjalankan mesin diesel mobil Anda. Karena jika Anda mengabaikan dan telat ganti oli, akan membuat tenaga mesin diesel tersebut ngempos.
Selain harus mengganti beberapa komponen yang sudah tidak layak, Anda juga harus rajin dalam melakukan perawatan agar tenaga mesin diesel mobil tidak ngempos.
6. Kompresi ruang bakar
Salah satu penyebab paling seirng dijumpai adalah hilangnya kompresi pada ruang bakar. Kompresi pada cylinder blog mesin sangat menentukan tenaga yang dihasilkan terlebih lagi untuk bermesin diesel karena mesin diesel tidak menggunakan busi sebagai titik panas melainkan tetapi memakai busi pemanas saja ( glow plug ) dengan memampatkan udara yang ditekan sehingga suhu diruang bakar meningkat. Untuk penyebab hilangnya kompresi di ruang bakar ada beberapa faktor penyebabnya.
Diantaranya ring piston macet dan kotor ( karena kualitas solar yang buruk ),mungkin sudah aus dan perlu pergantian. klep/valve aus maka lakukan pergantian tapi jika masih bagus lakukan penyetelan klep in dan ex. Dan hal paling burung hilangnya kompresi adalah piston dan buring/cylinder blok sudah aus dan harus diganti untuk buring sendiri biasanya di bubut.
Sekian info mengenai Penyebab Dan Cara Atasi Mobil Diesel Kurang Bertenaga/Ngempos semoga berguna ,jika berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon