Loading...

Senin, 13 Maret 2017

Fungsi Instrument Indicator/Panel Kontrol


Hallo brother Fungsi Instrument Indicator/Panel Kontrol - Jika menggunakan mobil, pasti sering melihat panel indikator yang terletak tepat di depan pengemudi. Saat mobil akan distarter akan terlihat bermacam gambar atau simbol di area dasbor Bisa dibilang setiap orang akan melihat saat hendak menghidupkan mesin. Tetapi tidak semuanya mengerti arti tanda yang ada di panel indikator itu. “Padahal itu salah satu isyarat yang menunjukkan kondisi kendaraan,” ungkap mujiono kepala bengkel Tedymotor pati

Instrument Indicator/Panel Kontrol . Untuk memudahkan pengemudi melihat kondisi bahan bakar, tekanan oli, suhu pendingin, minyak rem, output system pengisian dan beberapa fungsi system kelistrikan lainya, maka kendaraan dilengkai dengan lampu indikator dan perlengkapan ukur  yang dipasangkan pada dashboard .


Makanya Pada postingan kali ini saya akan membahas secara singkat tentang fungsi-fungsi Alat Instrument/Panel Control yang terdapat pada dashboard kendaraan. biar enggak salah pengertian berikut beberapa arti indikator yang sering ada di mobil kebanyakan. •Oke

Fungsi Kelengkapan kontrol Instrument Indicator

Kelengkapan kontrol ini setiap kendaraan tidak sama, namun perlengkapan yang paling umum pada setiap kendaraan antara lain :

1.       Speedometer :
Speedometer berfungsi untuk menampilkan laju kecepatan kendaraan  selama kendaraan meluncur dan dilengkapi dengan odometer yang mencatat jarak yang ditempuh kendaraan dari awal diproduksi. Trip meter  yang berfungsi untuk mencatat jarak tempuh sesuai dengan keinginan pengemudi .  Trip meter dapat di diatur ulang dari nol kilometer.

2.       Fuel Gauge :
Fuel gauge berfungsi untuk menampilkan data jumlah bahan bakar yang ada dalam tangki bensin.

3.       Engine Coolant/Temperatur Gauge :
Temperatur gauge berfungsi untuk menampilkan suhu mesin pada saat kunci kontak dihubungkan. Sebagian kendaraan menggunakan lampu indkator sebagai acuan, lampu akan menyala bila mesin mengalami overhating.
4.       Engine Oil Pressure indicator :
Berfungsi untuk memberikan petunjuk kepada pengemudi  tentang kondisi tekanan oli. Sebagian kendaraan menggunakan gauge, sehingga pengemudi tahu persis berapa tekanan oli, sebagian kendaraan lain menampilkan dalam bentuk sinyal lampu.

5.       Charging Indicator :
Charging indicator berfungsi untuk menginformasikan kondisi pengisian, lampu akan menyala apabila pengisian tidak normal. Untuk sekarang ini penggunaan lampu indikator telah menggantikan amperemeter dan voltmeter.

6.       Turn Signal Indicator :
Berfungsi untuk memberikan petunjuk kepada sipengemudi arah belok  yag akan ditentukan. Lampu tanda belok dirangkai secara parallel, lampu indikator juga akan menginformasikan apakah lampu tanda belok berfungsi atau tidak.

7.       High Beam Warnin Light :
Berfungsi untuk memperingatkan pengemudi kalau lampu jarak jauh dalam keadaan aktif.

8.       Park Brake Indicator :
Berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengemudi bahwa rem parkir dalam keadaan aktif (mengerem).

9.       Tachometer :
Tachometer berfungsi untuk mencatat/mendata putaran mesin saat mesin beroprasi. Rata-rata tachometer dilengkapi dengan zona bahaya pada rpm tertentu. Ini menginformasikan, bila rpm tetap pada zona bahaya , mesin akan rusak.

Sekian info mengenai Fungsi Instrument Indicator/Panel Kontrol semoga berguna ,jika berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon