Loading...

Minggu, 08 April 2018

Cara Menambal Ban Tubles Yang Benar Dan Cepat

Tags

Hallo brother Cara Menambal Ban Tubles Yang Benar Dan Cepat – Ban tubeless merupakan ban yang tidak memakai ban dalam. Jika pada ban biasa pasti terdapat ban dalam yang berfungsi untuk menahan udara pada dalam ban. Sedangkan untuk ban tubeless udaranya di tahan oleh suatu lapisan yang berada di dalam ban sekaligus, yaitu sebuah lapisan karet yang kedap udara.

Cara Menambal Ban Tubles Yang Benar Dan Cepat. Oleh karena itu ban tubeless tidak memerlukan lagi ban dalam, baik ban tubeless motor ataupun ban tubeless mobil. Walaupun paada ban tubeless tidak ada ban dalamnya tetapi  tetap menggunakan pentil (air valve), dimana pentil tersebut langsung dipasang di pelek roda.
Cara Menambal Ban Tubles Yang Benar Dan Cepat

Untuk ban tubeless terkenal tahan akan tusukan paku, jika ada tusukan paku dan benda lainnya, maka ban tidak langsung kempes seperti ban pada umumnya, hal ini disebabkan adanya suatu lapisan karet tadi yang berada di dalam ban.
Maka itulah yang membuat harga ban tubeless menjadilebih mahal dibandingkan ban biasa. Tetapi walaupun tahan terhadap tusukan paku serta benda tajam lainnya, bukan berarti ban tetap aman saat digunakan.
Lama kelamaan ban akan tetap bisa kempes, oleh karena itu harus dilakukan perbaikan yaitu dengan cara menambal ataupun tambal ban tubeless, cara untuk menambal ban tubeless sebenarnya tidak terlalu sulit dan sobat bisa menambal ban tubeless sendiri di rumah.
Tetapi perlu diperhatikan selama tusukan oleh paku atau benda tajam / runcing lainnya tidak merobek permukaan ban tubeless dan membuat sobek ban tubeless, maka kondisi ban tubeless tersebut masih dapat diperbaiki
Terus bagaimana cara tambal ban tubeless yang benar? Berikut ini akan dibahas, dan anda bisa tambal ban tubeless sendiri di rumah, karena caranya yang sangat mudah.
Cara Dan Langkah Menambal Ban Tubeless
Menambal ban tubeless diharus memperhatikan prosedur yang ada serta tidak boleh asal menambal seperti pada ban umumnya dan cara menambal ban tubeless silahkan anda ikuti panduannya berikut ini:
  1. Langkah yang pertama adalah kendurkan dahulu baut-baut roda untuk melepas rodanya dari kendaraan. Serta simpan dan perhatikan baut-bautnya agar tidak salah pasang saat nanti memasang roda kembali.
  2. Kemudian bersihkan semua permukaan ban tubeless, dan lebih baiknya menyemprotnya dengan air agar ban benar-benar bersih.
  3. Periksa terlebih dahulu ban tubeless secara visual dahulu apakah terdapat paku atau benda lancip lainnya yang mungkin menancap di ban tubeless.
  4. Setelah anda menemukan benda yang menancap di ban tubeless, segeralah lepas atau cabut benda tersebut memakai tang.
  5. Berikutnya adalah siapkan alat atau peralatan tambal ban tubeless seperti alat suntikan dan penusuk serta karet tambal ban tubeles.
  6. Letakkan compound tube (tabung kompon) di alat suntikan tersebut.
  7. kemudian tusukkan ujung suntikan pada bagian permukaan ban yang telah berlubang tadi.
  8. Tekan tabung kompon supaya kompon keluar mengisi bagian permukaan ban yang telah berlubang atau bocor.
  9. Jika dirasa sudah cukup, tariklah suntikan kompon dari ban tubeless.
  10. Diamkan terlebih dahulu karena kompon tidak langsung kering, maka dari itu tunggu hingga kompon mengering serta menyatu dengan carcass ban luar.
  11. Setelah kering, supaya hasil tambalan bagus, rapikanlah bekas tambalan tadi menggunakan pisau untuk meratakannnya, serta lakukan dengan hati-hati.
  12. Jika sudah selesai pompa kembali ban tubeless menggunakan kompresor atau udara bertekanan tinggi, jika tidak ada bisa menggunakan pompa manual tentu bikin capek,
  13. Sesuaikan ukuran tekanan ban tubeles dengan spesifikasi ban tersebut.
  14. Setelah diisi dengan angin atau udara, lalu cek lagi ban tubeless apakah masih ada kebocoran atau tidak caranya dengan memasukkan roda ke dalam bak yang berisi air. Jika tidak terdapat gelembung-gelembung maka proses penambalannya telah berhasil.
  15. Langkah yang terakhir adalah pasanglah kembali roda pada kendaraan.

Cara Menambal Ban Tubles Yang Benar Dan Cepat

Sekian info mengenai Cara Menambal Ban Tubles Yang Benar Dan Cepat semoga berguna , jika berguna monggo di share ke rekan- rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... Terima kasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon