Loading...

Senin, 16 April 2018

Jenis Konstruksi Bodi Kendaraan Pada Mobil

Tags

Hallo brother Jenis Konstruksi Bodi Kendaraan Pada Mobil - Jika kita perhatikan dari luar, mobil merupakan satu kesatuan benda yang dibentuk sedemikian rupa. Jika diamati dengan teliti, mobil memiliki 2 bagian besar. Bagian mobil itu terbagi dalam 2 kelompok besar, yaitu:
1. bodi mobil
2. chassis mobil

Konstruksi Bodi Kendaraan Pada Mobil . Bodi adalah bagian dari kendaraan yang dibentuk sedemikian rupa yang pada umumnya terbuat dari bahan plat logam steel plate yang tebalnya antara 0,6 mm hingga 0,9 mm sebagai tempat penumpang ataupun barang.

Sedangkan chassis adalah bagian dari kendaraan yang berfungsi sebagai penopang bodi dan terdiri yang dari:
  1. rangka atau frame
  2. mesin atau engine
  3. pemindah tenaga atau power train
  4. roda atau wheels 
  5. sistem kemudi atau steering system 
  6. sistem suspensi atau suspension system 
  7. sistem rem atau brake system
2 Bagian Mobil Konstruksi Bodi Kendaraan

Berikut ini 2 jenis konstruksi bodi kendaraan yang berdasar pada konstruksi menempelnya bodi pada rangka, yaitu:
  1. konstruksi composite (terpisah)
  2. konstruksi monocoq (menyatu)
Rangka merupakan tempat menempel-nya semua komponen kendaraan termasuk bodi. Bagian penting dalam kendaraan salah satunya adalah rangka. Rangka mobil harus dibangun dengan kuta agar performa kendaraan maksimal. Persyaratan membuat rangka mobil antara lain:
  1. harus kuat
  2. ringan
  3. kukuh
  4. tahan terhadap getaran, atau goncangan yang diterima dari kondisi jalan
Agar kuat maka konstruksi rangka ada yang kotak,bentuk U, atau pipa, yang pada umumnya terdiri dari dua batang yang memanjang dan dihubungkan dengan bagian yang melintang.

Pada awal perkembangan teknologi bodi dan rangka kendaraan, bodi dan rangka dibuat secara terpisah (composite body) namun akhir-akhir ini bodi dan rangka dibuat menyatu (monocoque body, atau disebut juga integral body) khususnya pada kendaraan sedan.
Sekian info mengenai Jenis Konstruksi Bodi Kendaraan Pada Mobil semoga berguna ,jika berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon