Loading...

Kamis, 19 Mei 2016

Manfaat Spooring dan Balancing Bagi Mobil Anda

hallo brother Manfaat Spooring dan Balancing Bagi Mobil Anda - Kondisi jalan raya di Indonesia boleh dikatakan sebagian besar tidak terlalu baik, termasuk jalan-jalan di Jabotabek yang banyak berlubang-lubang di sana sini. Kondisi jalan yang rusak dan berlubang ini merupakan salah satu penyebab cepat berubahnya posisi presisi roda. Untuk mengatasi masalah presisi roda kendaraan, maka Anda perlu melakukan spooring dan balancing.

Spooring dan Balancing . Hal ini berpengaruh terhadap kenyamanan dan juga keamanan bagi pengemudi maupun penumpang. Spooring merupakan tindakan untuk meluruskan roda depan dan belakang agar kedudukan roda sesuai dengan spesifikasi dari tipe mobil, sedangkan balancing berguna untuk menganalisa putaran atau getaran roda akibat beban roda yang tidak merata.

Manfaat Spooring dan Balancing Bagi Mobil Anda


Ciri-ciri kondisi mobil yang membutuhkan perbaikan spooring dan balancing:


  • Saat terjadi getaran pada setir yang menggangu kenyamanan mengemudi. Karena roda depan berkaitan langsung dengan kemudi, umumnya tingkat keausannya pun lebih cepat dibandingkan roda belakang.
  • Saat salah satu arah kemudi mobil dirasa lebih dominan, sehingga menyebabkan mobil berbelok sendiri saat kemudi dilepaskan.
  • Periksakan keasusan ban mobil, apakah terjadi keausan yang tidak wajar pada keempat roda mobil Anda, meliputi sisi, tapak dan bulu band. Apabila terjadi terjadi benjolan pada ban, berarti adanya system suspensi yang bermasalah pada ban tersebut.
Baca juga  Penyebab Kerusakan dan Keausan Ban
  • Kondisi kemudi yang yang tidak nyaman, bahkan lebih berat dari bisannya, atau saat kemudi dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan kembali.
  • Adanya guncangan pada saat membelokkan kemudi, padahal kondisan jalanan baik.
  • Apabila Anda merasa mobil yang Anda kendarai berjalan miring, ini pertanda masalah keseimbangan yang sangat membutuhkan perhatian.
baca juga setir mobil terasa berat
Tindakan yang perlu dilakukan agar mobil dapat dikendalikan dengan nyaman dan sebagaimana semestinya :
  • Lakukan spooring dan balancing secara berkala. Dikarenakan setiap produk mobil memiliki system dan tehnologi suspensi yang berbeda-beda, maka disarankan untuk mengikiti buku panduan yang tersedia.
  • Rotasi ban harus dilakukan secara benar dan teratur agar keausan nantinya merata untuk semua ban di mobil Anda. Untuk mobil penggerak empat roda, dianjurkan melakukan rotasi ban setiap 5,000 kilometer.
  • Sebelum melakukan spooring dan balancing, lakukan pengecekan kondisi kaki-kaki secara keseluruhan, seperti; ban, veleg, suspensi, dan sebagainya .
  • Untuk mendapatkan hasil spooring dan balancing yang maksimal, pastikan bahwa bengkel yang Anda kunjungi memiliki peralatan lengkap dan memadai.
  • Hindari pembelian ban bekas, walaupun harganya lebih murah, namun menimbulkan resiko terhadap keselamatan.
  • Apabila mengalami ban bocor/pecah dijalan, gunakan ban serep yang memiliki ukuran sama dengan ban aslinya. Jika ban serep yang tersedia berbeda, gunakanlah ban serep ini hanya untuk keperluan darurat hingga ban aslinya diperbaiki atau diganti baru.
Sekian info mengenai Manfaat Spooring dan Balancing Bagi Mobil Anda semoga berguna ,jika berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon